Cari Blog Ini

Jumat, 10 September 2010

KEANEKARAGAMAN KEHIDUPAN

KEANEKARAGAMAN KEHIDUPAN

Walaupun variasi lingkungan sangat besar dari satu tempat ke tempat yang lain,hamper semua tempat dipermukaan bumu ini ditempati oleh makhluk hidup. Ini mungkin Karena masing - masing spesies beradaptasi untuk hidup. Di tempat tertentu dan karena keanekaragaman organisme sangat besar bahwa beberapa jenis kehidupan bisa ada hampir di mana - mana. Namun, adaptasi yang sama yang memungkinkan suatu spesies untuk bertahan hidup dalam satu lingkungan juga tidak memungkinkan spesies ini hidup dalam lingkungan yang lain.

Bagian dari lingkungan dari satu individu organisme adalah komunitas dari interaksi organisme didalamnya. Oleh karena itu individu harus menyesuaikan diri pada komunitasnya. Tetapi pada waktu yang sama itu harus beradaptasi sehingga dapat bertahan hidup dalam kondisi fisik tertentu. Yang membentuk lain dari lingkunganya. seekor ikan seperti ikan haring misalnya, memiliki ciri adaptasi umum yang memungkinkan untuk tinggal di air dan juga memiliki adaptasi khusus yang mungkin memakan hewan lain tertentu dan dapat tinggal di dalam air yang mengandung kadar garam besar.

Faktor fisik yang mengatur kebutuhan untuk tumbuhan ditanah termasuk intensitas cahaya, jenis tanah, dan ketersedian air. Tetapi yang paling penting adalah iklim. Dari hari kehari kondisi cuaca berubah tiap tahunnya. Sebagai contoh, berdasarkan temperatur kita dapat membagi kedalam lima bagian, pusat panas di tropis, utara dan selatan dingin yang tersebar. Dalam masing-masing daerah kita dapat mengenali berbagai daerah di mana kondisi fisik sangat berbeda. misalnya daerah kutub utara. Termasuk bidang fisik berbeda yang mendukung kelompok-kelompok yang berbeda seperti tanaman di lahan yang kering, lahan rumput basah, lahan rumput, rawa dan laut, dan daerah tumbuhan kecil.

kebutuhan pada hewan juga diatur oleh faktor fisik,tetapi sejak semuanya heterotrof tergantung atas autrotof untuk makanan mereka, tumbuhan didaerah seharusnya jelas mempengaruhi kehidupan hewan disana. Demikian herbivora hanya makan tumbuhan tertentu dan meskipun hanya dapat tinggal di daerah dimana tanaman ini tumbuh. Sebaliknya, tentu saja komunitas hewan mempengaruhi tumbuhan karena hewan - hewan akan memakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar